Saturday, 30 September 2017

rubik penilaian tugas assesment alternatif dalam IPA


RUBIK PENILAIAN

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas individu

Mata Kuliah “Assesmen Alternatif dalam IPA”

Dosen Pengampu : Edy Chandra, S.Si.MA







Description: Description: Description: 579830_286189884816269_2027824072_n



Disusun Oleh:

Azkia Nur Hidayah

( 1413161002)

T.IPA Biologi C/Semester 7



JURUSAN TADRIS IPA BIOLOGI

FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SYEKH NURJATI

CIREBON

2017









Rubik Penilaian Peta Konsep

Beri tanda (v) untuk description yang sesuai dengan hasil penjelasan ruang lingkup biologi berdasarkan objek

Penilain oleh guru
Level 1
Level 2
Level 3
Jumlah cabang antara 1 sampai 5

Jumlah cabang antara 6 sampai 10

Jumlah cabang lebih dari 10

Isi kurang jelas

Isi cukup jelas

Isi jelas

Isi terlalu panjang

Isi cukup singkat

Isi singkat

Susunan kurang rapi

Susunan cukup rapi

Susunan rapi


Skor =

Keterangan :

  1. Masing-masing descriptor pada level 1 memiliki skor 1, pada level 2 skornya 2. Pada level 3 skornya 3
  2. Penilaian secara kuantitatif menggunakan rumus Nilai= (skor total:12)x 100



















Penilaian Presentasi

( Hasil Pengumpulan data/laporan )

Tanggal /Bulan/Tahun :

Nama                                       :

Kelas / semseter                      :

No.
Aspek Penilaian
Skor
1.       
Penguasaan materi yang dipresentasikan
a.       Sangat baik  ( skor 5)
b.      Baik (skor 4)
c.       Cukup ( skor 3)
d.      Jelek (skor 2)
e.       Sangat jelek (skor 1)

2.       
Kelengkapan pokok-pokok hasil penelitian yang dipresentasikan
a.       Sangat lengkap  ( skor 5)
b.      Lengkap (skor 4)
c.       Cukup lengkap ( skor 3)
d.      Tidak legkap(skor 2)
e.       Sangat tidak lengkap (skor 1)

3.       
Keruntutan dan sistematika penyampaian pokok pokok hasil penelitian
a.       Sangat runtut dan sangat sistematis ( skor 5)
b.      Runtut dan sistematis (skor 4)
c.       Cukup runtut dan cukup sistemati ( skor 3)
d.      Tidak runtut dan tidak sistematis (skor 2)
e.       Sangat tidak runtut dan sangat tidak sistematis (skor 1)

4.       
Kemudahan bahasa dan penyampaian untuk dipahami
a.       Sangat mudah dipahami ( skor 5)
b.      Mudah dipahami (skor 4)
c.       Cukup mudah dipahami ( skor 3)
d.      Sulit dipahami (skor 2)
e.       Sangat sulit dipahami (skor 1­)

5.       
Ketepatan intonasi dan kejelasan artikulasi
a.       Sangat tepat dan sangat jelas ( skor 5)
b.      Tepat dan jelas (skor 4)
c.       Cukup tepat dan jelas ( skor 3)
d.      Tidak tepat dan tidak jelas (skor 2)
e.       Sangat tidak tepat dan tidak jelas (skor 1­)

6.       
Kemampuan menggunakan media pendukung penyampaian
a.       Sangat baik( skor 5)
b.      Baik (skor 4)
c.       Cukup ( skor 3)
d.      Jelek (skor 2)
e.       Sangat jelek (skor 1­)

Jumlah Skor






















Penilaian pembuatan esai

No.
Kriteria Penilaian
Bobot
1.       
Orizinalitas karya dan keatraktivan judul atau topik yang diangkat
(penulisan dalam hal ini ide dan argumentasi serta seberapa menarikah judul dan topik yang diangkat)
10
2.       
Format penulisan
10
3.       
Penggunaan bahasa
15
4.       
Ketajaman analisa
(kemampuan merumuskan masalah)
30
5.       
Permasalahan yang diangkat
15
6.       
Simpulan dan saran
20

Total skor terbobot maksimal 10000 = 100























Lembar penilain pembuatan rancangan penelitian dan pembuatan laporan penelitian

Nama               :

Kelas               :

Tugas               :

No.
Aspek yang dinilai
Skor maksimal
Skor yang diperoleh siswa
1.       
Sistematika laporan
4

2.       
Kelengkapan laporan
4

3.       
Kejelasan dan keruntutan penulisan
4

4.       
Kebenaran konsep ide yang dipaparkan
4

5.       
Ketepatan pemilihan kosa kata
4

6.       
Kemampuan siswa menjelaskan isi laporan
4

7.       
Usaha siswa dalam menyusun laporan
4

8.       
Presentasi laporan percobaan
4


Skor maksimal = 32/32 x 100

Rubik penilaina laporan

  1. Sistematika laporan
    4 = laporan dibuat sesuai dengan sistematika penulisan, jelas dan benar
    3= laporan dibuat dengan benar tetapi kurang jelas
    2= laporan dibuat kurang benar dan kurang jelas
    1= laporan dibuat dengan sistematika yang salah
  2. Kelengkapan laporan
    4= laporan dibuat secara lengkap sesuai petunjuk pembuatan laporan
    3= laporan dibuat tanpa kesimpulan
    2= laporan dibuat tanpa diskusi, kesimpulan dan daftra pustaka
    1= laporan dibuat tidak lengkap ( mencakup 3 unsur saja)
  3. Kejelasan laporan
    4= laporan jelas, dapat dipahami, ditulis secara runtut
    3= laporan jelas, tetapi penulisan kurang runtut
    2= laporan kurang jelas, kurang sesuai dengan keruntutan penulisan
    1=  laporan tidak jelas, tidak sesuai dengan keruntutan penulisan
  4. Kebenaran konsep
    4= konsep/ide yang dipaparkan tepat, benar dan sesuai dengan teori
    3= konsep/ide yang dipaparkan tepat, benar dan sesuai dengan teori tetapi kurang jelas
    2= konsep/ide yang dipaparkan kurang tepat
    1= konsep/ide yang dipaparkan tidak tepat
  5. Ketepata pemilihan kosa kata
    4= menggunakan kata-kata yang tepat, mengguakan kalimat aktif
    3= menggunakan kata-kata yang  kurang tepat, mengguakan kalimat aktif
    2= menggunakan kata-kata yang  kurang tepat, tidak mengguakan kalimat aktif
    1= menggunakan kosakata yang salah
  6. Kemampuan siswa menjelaskan isi laporan
    4= menguasai latar belakang, metode diskusi dan kesimpulan
    3= menguasai latar belakang, metode dan diskusi
    2= menguasai latar belakang dan metode
    1= menguasai latar belakang saja
  7. Presentasi laporan percobaan
    4= semua anggota kelompok aktif dan berusaha menjawab pertanyaan dengan benar
    3= semua anggota kelompok aktif akan tetapi kurang  berusaha menjawab pertanyaan dengan benar
    2= beberapa anggota saja yang aktif namun ada usaha untuk menjawab pertanyaan dengan benar
    1= beberapa anggota saja yang aktif namun kurang  usaha untuk menjawab pertanyaan dengan benar


1 comment:

  1. Merkur 15c Safety Razor - Barber Pole - Deccasino
    Merkur bsjeon 15C Safety Razor ventureberg.com/ - Merkur - 15C for Barber Pole is 토토 the perfect introduction to the deccasino Merkur Safety https://deccasino.com/review/merit-casino/ Razor.

    ReplyDelete