RUBIK PENILAIAN
Diajukan
Untuk Memenuhi Tugas individu
Mata
Kuliah “Assesmen Alternatif dalam IPA”
Dosen Pengampu : Edy Chandra, S.Si.MA







Azkia Nur
Hidayah
( 1413161002)
T.IPA Biologi
C/Semester 7
JURUSAN
TADRIS IPA BIOLOGI
FAKULTAS
ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK
INDONESIA
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
SYEKH NURJATI
CIREBON
2017
Rubik Penilaian Peta Konsep
Beri tanda (v) untuk
description yang sesuai dengan hasil penjelasan ruang lingkup biologi
berdasarkan objek
Penilain oleh guru
|
|||||
Level 1
|
Level 2
|
Level 3
|
|||
Jumlah
cabang antara 1 sampai 5
|
|
Jumlah
cabang antara 6 sampai 10
|
|
Jumlah
cabang lebih dari 10
|
|
Isi
kurang jelas
|
|
Isi
cukup jelas
|
|
Isi
jelas
|
|
Isi
terlalu panjang
|
|
Isi
cukup singkat
|
|
Isi
singkat
|
|
Susunan
kurang rapi
|
|
Susunan
cukup rapi
|
|
Susunan
rapi
|
|
Skor =
Keterangan :
- Masing-masing descriptor pada level 1 memiliki skor 1, pada level 2 skornya 2. Pada level 3 skornya 3
- Penilaian secara kuantitatif menggunakan rumus Nilai= (skor total:12)x 100
Penilaian Presentasi
( Hasil Pengumpulan data/laporan )
Tanggal /Bulan/Tahun :
Nama :
Kelas / semseter :
No.
|
Aspek
Penilaian
|
Skor
|
|
1.
|
Penguasaan
materi yang dipresentasikan
|
a. Sangat
baik ( skor 5)
b. Baik
(skor 4)
c. Cukup
( skor 3)
d. Jelek
(skor 2)
e. Sangat
jelek (skor 1)
|
|
2.
|
Kelengkapan
pokok-pokok hasil penelitian yang dipresentasikan
|
a. Sangat
lengkap ( skor 5)
b. Lengkap
(skor 4)
c. Cukup
lengkap ( skor 3)
d. Tidak
legkap(skor 2)
e. Sangat
tidak lengkap (skor 1)
|
|
3.
|
Keruntutan
dan sistematika penyampaian pokok pokok hasil penelitian
|
a. Sangat
runtut dan sangat sistematis ( skor 5)
b. Runtut
dan sistematis (skor 4)
c. Cukup
runtut dan cukup sistemati ( skor 3)
d. Tidak
runtut dan tidak sistematis (skor 2)
e. Sangat
tidak runtut dan sangat tidak sistematis (skor 1)
|
|
4.
|
Kemudahan
bahasa dan penyampaian untuk dipahami
|
a. Sangat
mudah dipahami ( skor 5)
b. Mudah
dipahami (skor 4)
c. Cukup
mudah dipahami ( skor 3)
d. Sulit
dipahami (skor 2)
e. Sangat
sulit dipahami (skor 1)
|
|
5.
|
Ketepatan
intonasi dan kejelasan artikulasi
|
a. Sangat
tepat dan sangat jelas ( skor 5)
b. Tepat
dan jelas (skor 4)
c. Cukup
tepat dan jelas ( skor 3)
d. Tidak
tepat dan tidak jelas (skor 2)
e. Sangat
tidak tepat dan tidak jelas (skor 1)
|
|
6.
|
Kemampuan
menggunakan media pendukung penyampaian
|
a. Sangat
baik( skor 5)
b. Baik
(skor 4)
c. Cukup
( skor 3)
d. Jelek
(skor 2)
e. Sangat
jelek (skor 1)
|
|
Jumlah Skor
|
|
Penilaian pembuatan esai
No.
|
Kriteria
Penilaian
|
Bobot
|
1.
|
Orizinalitas
karya dan keatraktivan judul atau topik yang diangkat
(penulisan
dalam hal ini ide dan argumentasi serta seberapa menarikah judul dan topik
yang diangkat)
|
10
|
2.
|
Format
penulisan
|
10
|
3.
|
Penggunaan
bahasa
|
15
|
4.
|
Ketajaman
analisa
(kemampuan
merumuskan masalah)
|
30
|
5.
|
Permasalahan
yang diangkat
|
15
|
6.
|
Simpulan
dan saran
|
20
|
Total skor terbobot
maksimal 10000 = 100
Lembar penilain pembuatan rancangan
penelitian dan pembuatan laporan penelitian
Nama :
Kelas :
Tugas :
No.
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
maksimal
|
Skor
yang diperoleh siswa
|
1.
|
Sistematika
laporan
|
4
|
|
2.
|
Kelengkapan
laporan
|
4
|
|
3.
|
Kejelasan
dan keruntutan penulisan
|
4
|
|
4.
|
Kebenaran
konsep ide yang dipaparkan
|
4
|
|
5.
|
Ketepatan
pemilihan kosa kata
|
4
|
|
6.
|
Kemampuan
siswa menjelaskan isi laporan
|
4
|
|
7.
|
Usaha
siswa dalam menyusun laporan
|
4
|
|
8.
|
Presentasi
laporan percobaan
|
4
|
|
Skor maksimal = 32/32 x
100
Rubik penilaina laporan
- Sistematika laporan4 = laporan dibuat sesuai dengan sistematika penulisan, jelas dan benar3= laporan dibuat dengan benar tetapi kurang jelas2= laporan dibuat kurang benar dan kurang jelas1= laporan dibuat dengan sistematika yang salah
- Kelengkapan laporan4= laporan dibuat secara lengkap sesuai petunjuk pembuatan laporan3= laporan dibuat tanpa kesimpulan2= laporan dibuat tanpa diskusi, kesimpulan dan daftra pustaka1= laporan dibuat tidak lengkap ( mencakup 3 unsur saja)
- Kejelasan laporan4= laporan jelas, dapat dipahami, ditulis secara runtut3= laporan jelas, tetapi penulisan kurang runtut2= laporan kurang jelas, kurang sesuai dengan keruntutan penulisan1= laporan tidak jelas, tidak sesuai dengan keruntutan penulisan
- Kebenaran konsep4= konsep/ide yang dipaparkan tepat, benar dan sesuai dengan teori3= konsep/ide yang dipaparkan tepat, benar dan sesuai dengan teori tetapi kurang jelas2= konsep/ide yang dipaparkan kurang tepat1= konsep/ide yang dipaparkan tidak tepat
- Ketepata pemilihan kosa kata4= menggunakan kata-kata yang tepat, mengguakan kalimat aktif3= menggunakan kata-kata yang kurang tepat, mengguakan kalimat aktif2= menggunakan kata-kata yang kurang tepat, tidak mengguakan kalimat aktif1= menggunakan kosakata yang salah
- Kemampuan siswa menjelaskan isi laporan4= menguasai latar belakang, metode diskusi dan kesimpulan3= menguasai latar belakang, metode dan diskusi2= menguasai latar belakang dan metode1= menguasai latar belakang saja
- Presentasi laporan percobaan4= semua anggota kelompok aktif dan berusaha menjawab pertanyaan dengan benar3= semua anggota kelompok aktif akan tetapi kurang berusaha menjawab pertanyaan dengan benar2= beberapa anggota saja yang aktif namun ada usaha untuk menjawab pertanyaan dengan benar1= beberapa anggota saja yang aktif namun kurang usaha untuk menjawab pertanyaan dengan benar
Merkur 15c Safety Razor - Barber Pole - Deccasino
ReplyDeleteMerkur bsjeon 15C Safety Razor ventureberg.com/ - Merkur - 15C for Barber Pole is 토토 the perfect introduction to the deccasino Merkur Safety https://deccasino.com/review/merit-casino/ Razor.