RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
MAN 2 KEDIRI
Mata Pelajaran :
BIOLOGI
Kelas/Semester : X/2
Materi Poko :
Sistem Ekskresi Manusia
Alokasi Waktu :
1 x 45 menit
I. Kompetensi Inti
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
II.
Kompetensi
Dasar
1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi sel,
jaringan, organ penyusun sistem dan bioproses yang terjadi pada mahluk hidup..
3.9. Menganalisis hubungan antara
struktur jaringan penyusun organ pada system ekskresi dan mengaitkannya dengan
proses ekskresi sehingga dapat menjelaskan mekanisme serta gangguan fungsi yang
mungkin terjadi pada system ekskresi manusia melalui studi literatur,
pengamatan, percobaan, dansimulasi.
III.
Indikator
:
3.9.1
Membedakan pengertian ekskresi dan sekresi
3.9.2
Menyebutkan organ yang berkaitan dengan Sistem
Ekskresi secara umum
3.9.3
Menggambar struktur ginjal dan menjelaskan proses pembentukan urine
IV.
Tujuan
Pembelajaran
1. Setelah pembelajaran sistem eksresi siswa dapat mengetahui perbedaan ekskresi dan sekresi
2. Setelah pembelajaran sistem eksresi siswa dapat
menyebutkan organ-organ yang berkaitan dengan Sistem Ekskresi secara umum.
3. Setelah pembelajaran sistem eksresi siswa dapat mengetahui struktur ginjal dan menjelaskan proses pembentukan urine
V. Materi Ajar
Ekskresi membantu menjaga homeostasis dengan mempertahankan
lingkungan dalam tubuh agar tetap stabil dan bebas dari materi-materi yang membahayakan.Bahan-bahan
hasil metabolisme yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh di antaranya adalah karbondioksida,
kelebihan air, dan urea. Karbondioksida dihasilkan di antaranya dari proses
respirasi seluler, sedangkan urea adalah zatkimia yang berasal dari hasil pemecahan
protein. Alat-alat ekskresi yang ada pada manusia adalahk ulit, paru-paru,
hati, dan ginjal
1)
Materi Konsep
a.
Pengertian ekskresi dan sekresi
b.
Organ-organ ekskresi pada manusia dan fungsinya
antara lain:
1. Ginjal 3. Kulit
2. Paru-paru 4. Hati
c.
Proses pembentukan urine
a.
Materi Prinsip
a.
Ekskresi adalah proses
pengeluaran metabolisme yang sudah tidak diperlukan lagi bagi tubuh organisme.
b.
Setiap alat ekskresi
tersebut berfungsi mengeluarkan zat sisa metabolisme yang berbeda, kecuali air
yang dapat diekskresikan melalui semua alat ekskresi..
b.
Prosedur/deskripsi materi
a.
Organ Ekskresi
Ginjal dan strukturnya
VI.
Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2.
NHT ( number head together)
VII.
Model
1.
Cooperative
Learning
VIII.
Media a. Alat dan Sumber Belajar
1.
Media
a.
Papan Tulis
b.
Alat peraga
ginjal
c.
Gambar struktur
ginjal
IX.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan ( 5 menit )
a.
Memberikan salam dan
berdoa
b.
Mengabsen siswa
c.
Mengondisikan
kelas
d.
Apersepsi
e.
Apa perbedaan antara system eksresi dan sekresi ?Memotivasi
f.
Guru
menyampaikan Tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti ( 35 menit )
a. Menjelaskan
1). Guru menjelaskan tentang perbedaan antara ekskresi dan sekresi
2). Guru menjelaskan organ apa saja yang berperan
dalam sistem ekskresi secara umum
3). Guru menjelaskan proses pembentukan urine.
b.
Mengamati
1) Guru
menayangkan berbagai fakta tentang struktur
ekskresi
misalnya ginjal
2) Guru membagi siswa dalam 5 kelompok.
3) Siswa
secara kelompok mencermati gambar ginjal yang di bagikan oleh
guru
c. Menanya
1)
Siswa mengidentifikasi bagian struktur ginjal pada gambar ginjal
2)
Guru
menilai keterampilan siswa dalam mengungkap sistem ekskresi.
d. Mengevaluasi
1)
Guru
mengevaluasi dengan gerakan permainan
2)
Siswa yang
tidak sesuai melakukan gerakan permainan akan menjawab pertanyaan yang
diberikan oleh guru dan menilai pemahaman siswa.
3.
Penutup
(5 menit )
1) Guru bersama siswa menyimpulkan fungsi-fungsi
alat ekskresi
2) Guru memberikan tugas untuk membaca tentang alat sistem
ekskresi kulit dan hati untuk
pertemuan minggu depan
X.
Penilaian
1. Jenis
/ Teknik Penilaian
a.
observasi Sikap
b.
Performance/tesPraktik
c.
Lembarpenilaianantarteman
2. Instrumen
penilaian
a.
Soal
1.
Apa perbedaan
antara ekskresi dan sekresi?
2.
Sebutkan
organ-organ yang berperan dalam sistem ekskresi manusia?
b.
Jawaban
1.
Ekskresi adalah
proses pengeluaran zat sisa metabolism yang tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh.
Contohnya urine. Sedangkan sekresi adalah proses pengeluaran zat sisa yang
masih dibutuhkan lagi oleh tubuh. Contohnya kelenjar dan hormone.
2.
Paru-paru, hati,
kulit dan ginjal
Kediri
, 11 Maret
2016
Mengetahui :
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Ikhsanutaqwim Azkia
Nur Hidayah
No comments:
Post a Comment