Wednesday, 26 October 2016

RPP pewarisan sifat kelas 9 smp pertemuan 1




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan         : SMP N 3 SUMBER
Mata Pelajaran               :IPA
Kelas/Semester                :IX/1
Materi Pokok                  : Pewarisan Sifat
Alokasi Waktu                : 2 x 40 menit (1 x Pertemuan)
A.    Standar Kompetensi     
2.      Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup

B.     Kompetensi Dasar         
2.2    Mendriskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup

C.    Indikator
·         Mendeskripsikan materi genetis yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat (kromosom, gen)
·         Membedakan pengertian sifat genotipe dan fenotipe
·         Membedakan pengertian sifat resesif dan dominan

D.    Tujuan  Pembelajaran
Melalui proses pengamatan, mengumpulkan informasi, diskusi dari gambar dan berbagai sumber belajar, siswa dapat:
·         Mengetahui materi genetis yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat (kromosom, gen )
·         Membedakan pengertian sifat genotipe dan fenotipe
·         Membedakan pengertian sifat resesif dan dominan


E.     Karakter siswa  yang diharapkan:
a.    Tanggung jawab: siswa bertanggung jawab dalam melakukan tugas kelompok
b.    Disiplin: siswa tepat waktu dalam mengerjakan tugas kelompok
c.    Jujur: siswa jujur dalam mengerjakan tugas.
d.   Komunikasi: siswa dapat berkomunikasi dalam kelas
e.    Bekerjasama: siswa dapat bekerjasama dalam kelompok.

F.     Materi Pembelajaran

1.      MATERI GENETIS
Di dalam setiap sel terdapat faktor pembawaan sifat keturunan (materi genetis), misalnya pada sel tulang, sel darah, dan sel gamet. Substansi genetis tersebut terdapat di dalam inti sel (nukleus), yaitu pada kromosom yang mengandung gen. Gen merupakan substansi hereditas yang terdiri atas senyawa kimia tertentu, yang menentukan sifat individu. Gen mempunyai peranan penting dalam mengatur pertumbuhan sifat-sifat keturunan. Misalnya pertumbuhan bentuk dan warna rambut, susunan darah, kulit, dan sebagainya.
a.      Kromosom
Kromosom terdapat di dalam nukleus mempunyai susunan halus berbentuk batang panjang atau pendek, lurus atau bengkok. Di dalam nukleus terdapat substansi berbentuk benang-benang halus, seperti jala yang dapat menyerap zat warna. Benang-benang halus tersebut dinamakan retikulum kromatin. Retikulum berarti jala yang halus. Kroma berarti warna, dan tin berarti badan. Definisi Kromosom adalah benang-benang halus yang berfungsi sebagai pembawa informasi genetis kepada keturunannya.
b.      Struktur kromosom
Secara garis besar, struktur kromosom terdiri atas sentromer dan lengan. Sentromer atau kinetokor adalah bagian dari kromosom tempat melekatnya benang-benang spidel yang berperan menggerakkan kromosom selama proses pembelahan sel. Bagian ini berbentuk bulat dan tidak mengandung gen. Sentromer disebut juga pusat kromosom. Berdasarkan letak sentromernya, kromosom dibedakan menjadi empat macam, yaitu metasentrik, jika sentromer terletak di tengah-tengah antara kedua lengan; submetasentrik, jika sentromer terletak agak ke tengah sehingga kedua lengan tidak sama panjang; akrosentrik, jika sentromer terletak di dekat ujung, telesentrik, jika sentrometer terletak di ujung lengan kromosom.
Gambar 5.4 Macam kromosom menurut letak sentromernya
(1) metasentrik, (2) submetasentrik, (3) akrosentrik

Lengan atau badan kromosom adalah bagian kromosom yang mengandung kromonema (pita bentuk spiral di dalam kromosom) dan gen. Selubung pembungkus kromonema disebut matriks. Gen merupakan substansi (bahan dasar) kimia di dalam kromosom yang mengandung informasi genetik (pembawa sifat). Kromosom
Kromosom dibedakan menjadi 2
1.       kromosom homolog adalah kromosom yang berpasang-pasangan ,selalu mempunyai bentuk, panjang, letak sentromer dan strukturnya sama
2.       kromosom haploid adalah kromosom yang tidak memiliki pasangan atau hanya memiliki seperangkat kromosom
c.       Gen
Morgan, seorang ahli genetika dari Amerika menemukan bahwa faktor-faktor keturunan yang dinamakan gen tersimpan di dalam lokus yang khas di dalam kromosom. Gen-gen terletak pada kromosom secara teratur dalam satu deretan secara linier dan lurus berurutan. Dengan menggunakan simbol, kromosom dapat digambarkan sebagai garis panjang vertikal dan gen-gen sebagai garis pendek horizontal pada garis vertikal tersebut. Karena letak gen yang linier dan lurus berurutan, maka secara simbolik dapat dilukiskan pula garis-garis pendek horizontal (gen-gen) tersebut berderetan.
Description: Gambar letak gen pada kromosom

Dari sekian banyak gen yang berderet secara teratur pada benang-benang kromosom, masing-masing gen mempunyai tugas khas dan waktu beraksi yang khas pula. Ada gen yang menunjukkan aktivitasnya saat embrio, lainnya pada waktu kanak-kanak ataupun gen lainnya lagi setelah spesies menjadi dewasa. Mungkin juga suatu gen aktif pada suatu organ namun tidak aktif pada organ yang lain. Setiap gen menduduki tempat tertentu dalam kromosom yang dinamakan lokus gen.

d.      Genotipe dan fenotipe
Di dalam inti sel terdapat kromosom. Jumlah kromosom pada setiap sel makhluk hidup berbeda-beda. Contohnya manusia berjumlah 46, nyamuk 6 dan tomat berjumlah 24 kromosom. Susunan gen yang menentukan sifat-sifat suatu individu disebut genotipe
1.      Genotipe adalah sifat makhluk hidup yang tidak tampak sehingga tidak diamati dengan alat indra. Sifat ini di simbolkan dengan sepasang huruf, misalnya gen rambut lurus disimbolkan dengan LL, gen warna merah disimbolkan dengan BB.
2.      Fenotipe adalah sifat makhluk hidup yang tampak sehingga dapat diamati oleh alat indra . misalnya rasa buah manis, rambut lurus, bentuk buah bulat, tinggi rendahnya badan .


e.       Dominan dan resesif
Gen dominan adalah gen yang menutupi gen lain yang resesif maka sifat yang dibawa gen dominasi akan tampak, sedangkan sifat yang dibawa oleh gen resesif akan ditutupi sehingga tidak tampak. Jadi, gen resesif adalah gen gen yang tertutup oleh gen dominan

G.    Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan      : Scientific
2.      Model             : Cooperative Learning Tipe STAD (Student Teams Achievement Devision)
3.      Metode            : ceramah , diskusi dan presentasi

H.    Media dan sumber belajar       
1.      Media
a.       Papan tulis & spidol
b.      Media gambar kromosom
c.       Alat peraga kromosom dari kain
2.       Sumber belajar
a.       Irianto dkk. 2009. Ilmu Pengetahuan AlamJilid 3untuk SMPdan MTs (BSE). Jakarta: PusatPerbukuan, DepartemenPendidikanNasional.
b.       Buku Paket  Ilmu Alam Sekitar kelas IX dan buku lain yang relevan LKS dari MGMP
c.       Sumber belajar relevan lainnya.











I.       Langkah – langkah kegiatan

Waktu
Langkah –langkah model STAD
Deskripsi  Kegiatan
Kegitan Awal
(10 menit)




·      Guru mengondisikan siswa
-          Memberi salam
-          Mengabsen siswa
-          Bertanya kabar
·      Apresepsi
Guru memberikan apresepsi yang berkaitan dengan materi pewarisan sifat
“Anak-anak apakah kalian mirip dengan ayah dan ibumu?
·         Guru topik pembelajaran di papan tulis
·         Guru menyampaikan indikator di depan kelas
   
Kegiatan Inti
(60  enit)



·         Pembahasan dan identifikasi masalah
·         Guru mempresentasikan informasi kepada paserta didik mengenai pengertian pewarisan sifat
·         Guru menjelaksan terlebih dahulu materi tentang kromosom dan struktur kromosom dengan memperagakan media dari kain
·         Guru menjelaskan perbedaan antara sifat fenotipe dan genotipe
·         Guru menjelaskan  perbedaan sifat resesif, dominan dan intermediet



·         Observasi











·         Pengumpulan data


·         Pengolahan data dan analisis
·          Guru membagi siswa kedalam 8 kelompok dan memberikan perintah kepada siswa dalam kelompoknya untuk mengamati pengamatan fenotie
-          Warna kulit
-          Warna rambut
-          Bentuk rambut
-          Bentuk mata
-          Bentuk hidung
·          Setiap kelompok akan mendapatkan lembar kerja  yang diberikan oleh guru tentang perbedaan teman sekelompok
·          Guru membantu  kelompok pada saat siswa mengerjakan tugas.
·      Guru menunjuk salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas

·      Guru menilai keterampilan siswa dalam mengungkap materi pewarisan sifat
·         Guru memberi penjelasan materi berdasarkan diskusi yang telah dilakukan siswa




Kegiatan Penutup
(10 menit)




·         Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan kepada siswa tentang pengertian pengertian kromosom, tipe-tipe kromosom, perbedaan genotipe dan fenotipe dengan permainan.
·         Setiap siswa yang mendapatkan kertas yang tertulis congragulation akan diberi pertanyaan oleh guru terkait materi pewarisan sifat
·      Guru meminta siswa untuk menyimpulkan hasil belajar yang sudah di ajarkan, bagi siswa yang berani menyimpulkan akan mendapat point dan hadiah.

J.      Aspek Penilaian
1.      Penilaian hasil belajar
a.       Metode                             : sikap dan tes tulis
b.      Bentuk instrument           : Essai
c.       Instrument                        : terlampir
Rubrik penilaian laporan
Kompetensi dasar            :
2.3    Mendriskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup
produk      :  gambar kromosom
2.      Rubrik Penilaian Hasil Kerja Siswa
No
Aspek
Skor
4
3
2
1
1.
Ketepatan waktu Pengumpulan
Pengumpulan sebelum waktu habis 
Pengumpulan sebelum 5 menit terakhir
Pengumpulan sebelum 3 menit terakhir 
Pengumpulan tepat pada waktu terakhir. 
2.
Kelengkapan dan sistematika isi jawaban 
Jika pekerjaan siswa terstuktur dan menggunakan bahsa yang baik
Jika pekerjaan siswa terstuktur dan menggunakan bahasa yang kurang baik.
Jika pekerjaan siswa kurang terstuktur dan menggunakan bahasa yang tidak baik.
Jika pekerjaan siswa sangat tidak terstuktur dan menggunakan bahasa yang tidak baik.
3.
Ketepatan isi jawaban dengan materi
Jika hasil jawaban siswa sangat sesuai dengan materi yang dibahas.
Jika hasil jawaban siswa kurang sesuai dengan materi yang dibahas.
Jika hasil jawabn siswa tidak sesuai dengan materi yang dibahas.
Jika hasil pekerjaan siswa sangat tidak sesuai dengan materi yang dibahas.
4.
Kerapian
Jika hasil pekerjaan siswa sangat rapih dan bahasa yang digunakan baik dan benar.
Jika hasil pekerjaan siswa rapih dan bahasa yang digunakan baik dan benar.
Jika hasil pekerjaan siswa kurang rapih dan menggunakan bahasa yang kurang baik dan benar
Jika pekerjaan siswa tidak rapih dan bahasa yang digunakan tidak baik dan benar.
5.
Kesimpulan
Kesimpulan yang ditarik terkait dengan tujuan pembelajaran dan materi pembelajaran yang dibahas.
Kesimpulan yang ditarik tidak terkait dengan tujuan namun mendekati materi pembelajaran.
Kesimpulan yang ditarik terkait dengan tujuan pembelajaran, namun tidak terkait dengan materi pembelajaran
Kesimpulan yang ditarik tidak terkait sama sekali dengan tujuan dan materi pembelajaran.
keterangan :    
4          : sangat tepat
3          : tepat
2          : kurang tepat
1          : tidak tepat

3.      rubrik penilaian keterampilan
Aspek
Keterangan
4
3
2
1
Keaktifan
siswa sangat aktif dikelas dan mengikuti perintah guru, berani tampil  tanpa disuruh atau paksaan dari orang lain.
Siswa aktif dikelas dan mengikuti perintah guru, berani tampil sendiri tapi kurang tepat
Siswa cukup aktif dan cukup memperhatikan guru, berani tampil bila dengan teman-teman
Siswa tidak aktif, pasif dan tidak memperhatikan guru, berani tampil dengan dorongan guru.
Menempel
Siswa mampu menempelkan gambar dengan cepat dan tepat tanpa bantuan orang lain.
Siswa mampu menempelkan gambar. tetapi masih ada ragu-ragu dan bertanya pada teman.
Siswa masih ragu dan bingung dalam menempelkan gambar dan kurang tepat.
Siswa dapat menempelkan gambar dengan bantuan petunjuk dari teman-temannya.
Tanggung jawab
Siswa dapat menyelesaikan tugas dengan serius memahami tugas dan konsekuen terhadap tugas yang diberikan
Siswa dapat menyelesaikan tugas dengan serius, memahami tugas tapi kadang-kadang
Siswa kurang memahami tugas dengan serius. tapi tidak memahami tugas.
Siswa tidak menyelasaikan tugas dan tidak serius.
Ketuntasan
Tuntas, dan memahami terhadap pelajaran yang diberikan
Tuntas, tapi ada bagian yang kurang paham.
Tuntas, tapi tidak paham
Tidak tuntas dan tidak paham
Organisasi kelompok
Organisasi kelompok sangat bagus, kompak dan saling menunjang.
Organisasi bagus
Organisasi sedang, beberapa orang tidak teroorganisir atau kurang berpartisipasi.
Organisasi kacau sehingga performance sangat terganggu.

·         Contoh instrumen
Soal
1.      Sebutkan tipe-tipe kromosom
2.      Apa perbedaan antara genotipe dan fenotipe
3.      Apa perbedaan antara gen dominan dan resesif
Jawaban
1.      Tipe-tipe kromosom ada 4 yaitu metasentrik, submetasentrik, akrosentrik dan telesentrik
2.      Genotipe adalah sifat makhluk hidup yang tidak tampak sehingga tidak diamati dengan alat indra. Sedangkan Fenotipe adalah sifat makhluk hidup yang tampak sehingga dapat diamati oleh alat indra.
3.      Gen dominan adalah gen yang menutupi gen lain atau nampak sedangkan gen resesif adalah gen yang ditutupi oleh gen dominan atau tidak muncul

                                                                 Cirebon, 15 Oktober  2016

Guru Mata Pelajaran                                                                    Praktikan


SUWANDI , S.Pd                                              AZKIA NUR HIDAYAH
NIP. 19710527 199702 1002                              NIM.1413161002



Mengetahui
Kepala Sekolah SMP N 3 SUMBER


DADANG RAIMAN,S.Pd,MM
      NIP.197411202100031006













LAMPIRAN

LEMBAR KERJA SISWA
(PENGAMATAN SIFAT FENOTIPE)
       I.            Tujuan
a.       Untuk mengetahui sifat fenotipe (sifat makhluk hidup yang bisa dilihat oleh alat indra)
b.      Untuk membedakan sifat fenotipe antar kelompok
No .
Nama Siswa

Pengamatan Fenotipe
Warna kulit
Warna Rambut
Bentuk Rambut
Bentuk Mata
Bentuk Hidung
1.       






2.       






3.       






4.       






5.       






6.       






7.       






8.       







B.     Soal Pertanyaan
1.      Setelah mengamati pengamatan fenotipe pada teman sekelompok sifat manakah yang paling banyak persamaan ?
2.      Apa pendapat kalian apabila orang afrika menikah dengan orang china?

2 comments: