RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP N 3 SUMBER
Mata
Pelajaran :IPA
Kelas/Semester :IX/1
Materi Pokok : Pewarisan Sifat
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x Pertemuan)
A. Standar
Kompetensi
2.
Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup
B. Kompetensi Dasar
2.2
Mendriskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup
C. Indikator
·
Mendeskripsikan
materi genetis yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat (kromosom, gen)
·
Membedakan
pengertian sifat genotipe dan fenotipe
·
Membedakan
pengertian sifat resesif dan dominan
D.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui proses
pengamatan, mengumpulkan informasi, diskusi dari gambar dan berbagai sumber belajar,
siswa dapat:
·
Mengetahui
materi genetis yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat (kromosom, gen )
·
Membedakan
pengertian sifat genotipe dan fenotipe
·
Membedakan
pengertian sifat resesif dan dominan
E. Karakter siswa yang
diharapkan:
a.
Tanggung jawab: siswa bertanggung jawab dalam melakukan
tugas kelompok
b.
Disiplin: siswa tepat
waktu dalam mengerjakan tugas kelompok
c.
Jujur: siswa jujur dalam mengerjakan tugas.
d.
Komunikasi: siswa dapat berkomunikasi dalam kelas
e.
Bekerjasama: siswa dapat bekerjasama dalam kelompok.
F.
Materi
Pembelajaran
1.
MATERI
GENETIS
Di dalam setiap sel terdapat faktor pembawaan sifat
keturunan (materi genetis), misalnya pada sel tulang, sel darah, dan sel gamet.
Substansi genetis tersebut terdapat di dalam inti sel (nukleus), yaitu pada
kromosom yang mengandung gen. Gen merupakan substansi hereditas yang terdiri
atas senyawa kimia tertentu, yang menentukan sifat individu. Gen mempunyai
peranan penting dalam mengatur pertumbuhan sifat-sifat keturunan. Misalnya
pertumbuhan bentuk dan warna rambut, susunan darah, kulit, dan sebagainya.
a.
Kromosom
Kromosom terdapat di dalam nukleus mempunyai susunan halus
berbentuk batang panjang atau pendek, lurus atau bengkok. Di dalam nukleus
terdapat substansi berbentuk benang-benang halus, seperti jala yang dapat
menyerap zat warna. Benang-benang halus tersebut dinamakan retikulum kromatin.
Retikulum berarti jala yang halus. Kroma berarti warna, dan tin berarti badan.
Definisi Kromosom adalah benang-benang halus yang berfungsi sebagai pembawa
informasi genetis kepada keturunannya.
b.
Struktur
kromosom
Secara garis besar, struktur kromosom terdiri atas sentromer
dan lengan. Sentromer atau kinetokor adalah bagian dari kromosom tempat
melekatnya benang-benang spidel yang berperan menggerakkan kromosom selama
proses pembelahan sel. Bagian ini berbentuk bulat dan tidak mengandung gen.
Sentromer disebut juga pusat kromosom. Berdasarkan letak sentromernya, kromosom
dibedakan menjadi empat macam, yaitu metasentrik, jika sentromer terletak di
tengah-tengah antara kedua lengan; submetasentrik, jika sentromer terletak agak
ke tengah sehingga kedua lengan tidak sama panjang; akrosentrik, jika sentromer
terletak di dekat ujung, telesentrik, jika sentrometer terletak di ujung lengan
kromosom.
Gambar
5.4 Macam kromosom menurut letak sentromernya
(1)
metasentrik, (2) submetasentrik, (3) akrosentrik
Lengan
atau badan kromosom adalah bagian kromosom yang mengandung kromonema (pita
bentuk spiral di dalam kromosom) dan gen. Selubung pembungkus kromonema disebut
matriks. Gen merupakan substansi (bahan dasar) kimia di dalam kromosom yang
mengandung informasi genetik (pembawa sifat). Kromosom
Kromosom dibedakan menjadi 2
1.
kromosom homolog adalah kromosom yang
berpasang-pasangan ,selalu mempunyai bentuk, panjang, letak sentromer dan
strukturnya sama
2.
kromosom haploid adalah kromosom yang
tidak memiliki pasangan atau hanya memiliki seperangkat kromosom
c.
Gen
Morgan, seorang ahli genetika dari Amerika menemukan bahwa
faktor-faktor keturunan yang dinamakan gen tersimpan di dalam lokus yang khas
di dalam kromosom. Gen-gen terletak pada kromosom secara teratur dalam satu
deretan secara linier dan lurus berurutan. Dengan menggunakan simbol, kromosom
dapat digambarkan sebagai garis panjang vertikal dan gen-gen sebagai garis
pendek horizontal pada garis vertikal tersebut. Karena letak gen yang linier
dan lurus berurutan, maka secara simbolik dapat dilukiskan pula garis-garis
pendek horizontal (gen-gen) tersebut berderetan.
Dari sekian banyak gen yang berderet secara teratur pada
benang-benang kromosom, masing-masing gen mempunyai tugas khas dan waktu
beraksi yang khas pula. Ada gen yang menunjukkan aktivitasnya saat embrio,
lainnya pada waktu kanak-kanak ataupun gen lainnya lagi setelah spesies menjadi
dewasa. Mungkin juga suatu gen aktif pada suatu organ namun tidak aktif pada
organ yang lain. Setiap gen menduduki tempat tertentu dalam kromosom yang
dinamakan lokus gen.
d. Genotipe dan fenotipe
Di dalam inti
sel terdapat kromosom. Jumlah kromosom pada setiap sel makhluk hidup
berbeda-beda. Contohnya manusia berjumlah 46, nyamuk 6 dan tomat berjumlah 24
kromosom. Susunan gen yang menentukan sifat-sifat suatu individu disebut
genotipe
1.
Genotipe adalah sifat makhluk hidup
yang tidak tampak sehingga tidak diamati dengan alat indra. Sifat ini di
simbolkan dengan sepasang huruf, misalnya gen rambut lurus disimbolkan dengan
LL, gen warna merah disimbolkan dengan BB.
2.
Fenotipe adalah sifat makhluk hidup
yang tampak sehingga dapat diamati oleh alat indra . misalnya rasa buah manis,
rambut lurus, bentuk buah bulat, tinggi rendahnya badan .
e. Dominan dan resesif
Gen dominan adalah gen yang menutupi gen lain yang resesif
maka sifat yang dibawa gen dominasi akan tampak, sedangkan sifat yang dibawa
oleh gen resesif akan ditutupi sehingga tidak tampak. Jadi, gen resesif adalah
gen gen yang tertutup oleh gen dominan
G.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan :
Scientific
2. Model
:
Cooperative Learning Tipe STAD (Student Teams Achievement Devision)
3. Metode : ceramah , diskusi dan presentasi
H.
Media dan
sumber belajar
1. Media
a. Papan
tulis & spidol
b. Media gambar kromosom
c. Alat peraga kromosom dari kain
2. Sumber belajar
a. Irianto dkk. 2009. Ilmu
Pengetahuan AlamJilid 3untuk SMPdan MTs (BSE). Jakarta: PusatPerbukuan,
DepartemenPendidikanNasional.
b. Buku Paket Ilmu Alam Sekitar
kelas IX dan buku lain yang relevan LKS dari MGMP
c. Sumber belajar relevan lainnya.
I. Langkah
– langkah kegiatan
Waktu
|
Langkah –langkah model STAD
|
Deskripsi Kegiatan
|
Kegitan Awal
(10 menit)
|
|
· Guru
mengondisikan siswa
-
Memberi salam
-
Mengabsen siswa
-
Bertanya kabar
· Apresepsi
Guru memberikan apresepsi yang
berkaitan dengan materi pewarisan
sifat
“Anak-anak apakah kalian mirip dengan ayah dan ibumu?
·
Guru
topik pembelajaran di papan tulis
·
Guru
menyampaikan indikator di depan kelas
|
Kegiatan Inti
(60 enit)
|
·
Pembahasan dan identifikasi
masalah
|
·
Guru
mempresentasikan informasi kepada paserta didik mengenai pengertian pewarisan sifat
·
Guru menjelaksan terlebih dahulu materi tentang kromosom dan
struktur kromosom dengan memperagakan media dari kain
·
Guru
menjelaskan perbedaan antara sifat fenotipe dan genotipe
·
Guru menjelaskan perbedaan sifat resesif, dominan dan
intermediet
|
|
·
Observasi
·
Pengumpulan data
·
Pengolahan data dan analisis
|
·
Guru
membagi siswa kedalam 8 kelompok dan memberikan perintah kepada siswa dalam
kelompoknya untuk mengamati pengamatan fenotie
-
Warna kulit
-
Warna rambut
-
Bentuk rambut
-
Bentuk mata
-
Bentuk hidung
·
Setiap kelompok akan mendapatkan lembar kerja yang diberikan oleh guru tentang perbedaan
teman sekelompok
·
Guru
membantu kelompok pada saat siswa mengerjakan tugas.
· Guru
menunjuk salah satu
kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas
· Guru menilai keterampilan siswa dalam mengungkap materi pewarisan sifat
·
Guru memberi penjelasan materi
berdasarkan diskusi yang telah dilakukan siswa
|
Kegiatan Penutup
(10 menit)
|
|
·
Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan kepada siswa tentang
pengertian pengertian kromosom, tipe-tipe kromosom, perbedaan genotipe dan
fenotipe dengan permainan.
·
Setiap siswa yang mendapatkan
kertas yang tertulis congragulation akan diberi pertanyaan oleh guru terkait
materi pewarisan sifat
·
Guru meminta siswa untuk menyimpulkan hasil belajar yang sudah di
ajarkan, bagi siswa yang berani menyimpulkan akan mendapat point dan hadiah.
|
J. Aspek Penilaian
1.
Penilaian
hasil belajar
a.
Metode : sikap dan tes
tulis
b.
Bentuk
instrument : Essai
c.
Instrument : terlampir
Rubrik penilaian laporan
Kompetensi
dasar :
2.3
Mendriskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup
produk :
gambar kromosom
2. Rubrik
Penilaian Hasil Kerja Siswa
No
|
Aspek
|
Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Ketepatan waktu
Pengumpulan
|
Pengumpulan sebelum
waktu habis
|
Pengumpulan sebelum 5
menit terakhir
|
Pengumpulan sebelum 3
menit terakhir
|
Pengumpulan tepat
pada waktu terakhir.
|
2.
|
Kelengkapan dan
sistematika isi jawaban
|
Jika pekerjaan siswa
terstuktur dan menggunakan bahsa yang baik
|
Jika pekerjaan siswa
terstuktur dan menggunakan bahasa yang kurang baik.
|
Jika pekerjaan siswa
kurang terstuktur dan menggunakan bahasa yang tidak baik.
|
Jika pekerjaan siswa
sangat tidak terstuktur dan menggunakan bahasa yang tidak baik.
|
3.
|
Ketepatan isi jawaban
dengan materi
|
Jika hasil jawaban
siswa sangat sesuai dengan materi yang dibahas.
|
Jika hasil jawaban
siswa kurang sesuai dengan materi yang dibahas.
|
Jika hasil jawabn
siswa tidak sesuai dengan materi yang dibahas.
|
Jika hasil pekerjaan
siswa sangat tidak sesuai dengan materi yang dibahas.
|
4.
|
Kerapian
|
Jika hasil pekerjaan
siswa sangat rapih dan bahasa yang digunakan baik dan benar.
|
Jika hasil pekerjaan
siswa rapih dan bahasa yang digunakan baik dan benar.
|
Jika hasil pekerjaan
siswa kurang rapih dan menggunakan bahasa yang kurang baik dan benar
|
Jika pekerjaan siswa
tidak rapih dan bahasa yang digunakan tidak baik dan benar.
|
5.
|
Kesimpulan
|
Kesimpulan yang
ditarik terkait dengan tujuan pembelajaran dan materi pembelajaran yang
dibahas.
|
Kesimpulan yang
ditarik tidak terkait dengan tujuan namun mendekati materi pembelajaran.
|
Kesimpulan yang
ditarik terkait dengan tujuan pembelajaran, namun tidak terkait dengan materi
pembelajaran
|
Kesimpulan yang
ditarik tidak terkait sama sekali dengan tujuan dan materi pembelajaran.
|
keterangan
:
4 : sangat tepat
3 : tepat
2 : kurang tepat
1 : tidak tepat
3. rubrik
penilaian keterampilan
Aspek
|
Keterangan
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Keaktifan
|
siswa sangat aktif
dikelas dan mengikuti perintah guru, berani tampil tanpa disuruh atau paksaan dari orang lain.
|
Siswa aktif dikelas
dan mengikuti perintah guru, berani tampil sendiri tapi kurang tepat
|
Siswa cukup aktif dan
cukup memperhatikan guru, berani tampil bila dengan teman-teman
|
Siswa tidak aktif, pasif dan
tidak memperhatikan guru, berani tampil dengan dorongan guru.
|
Menempel
|
Siswa mampu
menempelkan gambar dengan cepat dan tepat tanpa bantuan orang lain.
|
Siswa mampu
menempelkan gambar. tetapi masih ada ragu-ragu dan bertanya pada teman.
|
Siswa masih ragu dan
bingung dalam menempelkan gambar dan kurang tepat.
|
Siswa dapat menempelkan gambar
dengan bantuan petunjuk dari teman-temannya.
|
Tanggung jawab
|
Siswa dapat
menyelesaikan tugas dengan serius memahami tugas dan konsekuen terhadap tugas
yang diberikan
|
Siswa dapat
menyelesaikan tugas dengan serius, memahami tugas tapi kadang-kadang
|
Siswa kurang memahami
tugas dengan serius. tapi tidak memahami tugas.
|
Siswa tidak menyelasaikan tugas
dan tidak serius.
|
Ketuntasan
|
Tuntas, dan memahami
terhadap pelajaran yang diberikan
|
Tuntas, tapi ada
bagian yang kurang paham.
|
Tuntas, tapi tidak
paham
|
Tidak tuntas dan tidak paham
|
Organisasi kelompok
|
Organisasi kelompok
sangat bagus, kompak dan saling menunjang.
|
Organisasi bagus
|
Organisasi sedang,
beberapa orang tidak teroorganisir atau kurang berpartisipasi.
|
Organisasi kacau sehingga
performance sangat terganggu.
|
·
Contoh instrumen
Soal
1.
Sebutkan
tipe-tipe kromosom
2.
Apa
perbedaan antara genotipe dan fenotipe
3.
Apa
perbedaan antara gen dominan dan resesif
Jawaban
1.
Tipe-tipe
kromosom ada 4 yaitu metasentrik, submetasentrik, akrosentrik dan telesentrik
2.
Genotipe adalah sifat makhluk hidup
yang tidak tampak sehingga tidak diamati dengan alat indra. Sedangkan Fenotipe
adalah sifat makhluk hidup yang tampak sehingga dapat diamati oleh alat indra.
3.
Gen dominan adalah gen yang menutupi
gen lain atau nampak sedangkan gen resesif adalah gen yang ditutupi oleh gen
dominan atau tidak muncul
Cirebon,
15 Oktober 2016
Guru
Mata Pelajaran Praktikan
SUWANDI ,
S.Pd AZKIA NUR HIDAYAH
NIP. 19710527 199702 1002 NIM.1413161002
Mengetahui
Kepala Sekolah SMP N 3 SUMBER
DADANG RAIMAN,S.Pd,MM
NIP.197411202100031006
LAMPIRAN
LEMBAR
KERJA SISWA
(PENGAMATAN
SIFAT FENOTIPE)
I.
Tujuan
a.
Untuk
mengetahui sifat fenotipe (sifat makhluk hidup yang bisa dilihat oleh alat
indra)
b.
Untuk
membedakan sifat fenotipe antar kelompok
No .
|
Nama Siswa
|
|
Pengamatan Fenotipe
|
|||
Warna kulit
|
Warna Rambut
|
Bentuk Rambut
|
Bentuk Mata
|
Bentuk Hidung
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
B.
Soal
Pertanyaan
1.
Setelah
mengamati pengamatan fenotipe pada teman sekelompok sifat manakah yang paling
banyak persamaan ?
2.
Apa
pendapat kalian apabila orang afrika menikah dengan orang china?
tksh, mohon izin mengunduh
ReplyDeleteok
Delete