RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP N 3 SUMBER
Mata
Pelajaran :IPA
Kelas/Semester :IX/1
Materi Pokok : Sistem Koordinasi dan Alat Indra pada Manusia
Alokasi Waktu :2x40 menit (1 x Pertemuan)
A. StandarKompetensi
1. Memahami berbagai system dalam kehidupan manusia.
B. Kompetensi Dasar
1.3 Mendiskripsikan
sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
C.
Indikator
·
Dapat
menyebutkan 5 alat indra pada manusia
·
Dapat
menjelaskan fungsi organ-organ pada manusia.
·
Dapat
menyebutkan kelainan-kelainan pada organ manusia.
D.
TujuanPembelajaran
Melalui proses
pengamatan, mengumpulkan informasi, diskusi dari gambar dan berbagai sumber belajar,
siswadapat:
·
Dapat
menyebutkan 5 alat indra pada manusia
·
Dapat
menjelaskan fungsi organ-organ pada manusia.
·
Dapat
menyebutkan kelainan-kelainan pada organ manusia
E. Karakter siswa yang
diharapkan:
a.
Tanggungjawab: siswa bertanggung jawab dalam melakukan
tugas kelompok
b.
Disiplin: siswa tepat
waktu dalam mengerjakan tugas kelompok
c.
Jujur: siswa jujur dalam mengerjakan tugas.
d.
Komunikasi: siswa dapat berkomunikasi dalam kelas
e.
Bekerjasama: siswa dapat bekerjasama dalam kelompok.
F.
Materi
Pembelajarana
Manusia sebagai salah satu
aanggota kelas mamalia mempunyai lima macam alat indra, yaitu indra penglihatan,
indra pendengar, indra peraba, indra pengecap dan indra pembau.
Indra
merupakan jendela bagi tubuh untuk mengenal dunia luar.Selain itu, dengan reseptor-reseptor
yang ada pada masing-masing alat indra, manusia mampu mengadakan respons yang
dapat dipergunakan sebagai upaya proteksi terhadap gangguan-gangguan dari luar tubuh.
1. Indra
pengihat ( mata)
2. Indra
pendengar ( telinga)
3. Indra
peraba ( kulit)
4. Indra
pembau ( hidung )
5. Indra
pengecap ( lidah)
c. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model
: Cooperative Learning , ceramah
3. Metode
a. NHT
(Number Head Together)
b. Talking
stick
G. Langkah
– langkah kegiatan
|
Langkah Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Kegitan Awal
|
·
Guru
memberikan salam dan berdo’a
·
Guru mengabsen
siswa
·
Guru
memberikan apresepsi yang berkaitan dengan alat indra pada manusia
·
Guru memberikan pertanyaan tentang pelajaran sebelumnya tentang sistem
saraf
·
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan mempersiapkan peserta didik siap belajar
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
|
·
Guru
mempresentasikan
informasi kepada paserta didik mengenai
alat indra
pada manusia
· Guru
menjelaskan mengenai5
alat indra pada manusia dan kelainan- kelainannya
· Guru menjelaskan bagian- bagiandari
organ manusia yang berkaitan dengan alat indra pada manusia
|
25 menit
|
|
·
Guru menayangkan berbagai fakta tentang
organ yang berkaitan dengan alat indra pada manusia
·
Guru
memberikan penjelasan kepada siswa tentang organ alat indra seperti mata,
hidung, lidah, kulit dan telinga
·
Guru
membagi siswa ke dalam 8 kelompok
·
Siswa secara kelompok menggambar
organ mata dan lidah sertabagian-bagiannya .
·
Guru
membantu kelompok pada saat siswa mengerjakan tugas.
|
|
|
·
Siswa mengidentifikasi bagian-
bagian organ lidah dan mata sesuai bagiannya.
·
Guru menunjuk satu persatu kelompok,
masing-masing anggota kelompok mempunyai satu nomor yang berbeda
·
Siswa yang mendapat salah satu nomor
yang di katakana guru akan menjelaskan hasil kerjanya.
·
Guru
menilai keterampilan siswa dalam mengungkap alat indra pada manusia.
|
|
|
·
Guru mengevaluasi dengan memberikan
pertanyaan kepada siswa tentang alat indra pada manusia.
·
Guru meminta siswa untuk menyimpulkan
hasil belajar yang sudah di ajarkan, bagi siswa yang berani menyimpulkan akan
mendapat point dan hadiah
|
|
H. Sumber
belajar
·
Irianto
dkk.
2009. Ilmu Pengetahuan AlamJilid 3untuk SMPdan MTs
(BSE). Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
·
Internet.
·
Sumber belajar relevanlainnya.
I. Penilaian
1.
Teknik
penilaian : sikap dan test lisan
2.
Bentuk
instrument : uji test lisan
3.
Contoh
instrument :
a.
Apa saja alat indra pada manusia?
b.
Sebutkan macam-macam indra pada manusia
c.
Sebutkan kelainan-kelainan pada mata
Cirebon, 06 September 2016
Guru Mata
Pelajaran Praktikan
SUWANDI
, S.Pd AZKIA
NUR HIDAYAH
NIP. 19710527 199702 1002 NIM.1413161002
Mengetahui
Kepala
Sekolah SMP N 3 SUMBER
DADANG RAIMAN,S.Pd,MM
NIP.197411202100031006
No comments:
Post a Comment