Wednesday, 26 October 2016

RPP sistem koordinasi alat indra pada manusia




RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP N 3 SUMBER
Mata Pelajaran        :IPA
Kelas/Semester         :IX/1
Materi  Pokok          : Sistem Koordinasi dan Alat Indra pada Manusia
Alokasi Waktu         :2x40 menit (1 x Pertemuan)
A.    StandarKompetensi     
1. Memahami berbagai system dalam kehidupan manusia.

B.    Kompetensi Dasar        
1.3 Mendiskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
C.    Indikator
·         Dapat menyebutkan 5 alat indra pada manusia
·         Dapat menjelaskan fungsi organ-organ pada manusia.
·         Dapat menyebutkan kelainan-kelainan pada organ manusia.
D.    TujuanPembelajaran
Melalui proses pengamatan, mengumpulkan informasi, diskusi dari gambar dan berbagai sumber belajar, siswadapat:
·         Dapat menyebutkan 5  alat indra pada manusia
·         Dapat menjelaskan fungsi organ-organ pada manusia.
·         Dapat menyebutkan kelainan-kelainan pada organ manusia
E.     Karakter siswa  yang diharapkan:
a.    Tanggungjawab: siswa bertanggung jawab dalam melakukan tugas kelompok
b.    Disiplin: siswa tepat waktu dalam mengerjakan tugas kelompok
c.    Jujur: siswa jujur dalam mengerjakan tugas.
d.   Komunikasi: siswa dapat berkomunikasi dalam kelas
e.    Bekerjasama: siswa dapat bekerjasama dalam kelompok.
F.     Materi Pembelajarana
Manusia sebagai salah satu aanggota kelas mamalia mempunyai lima macam alat indra, yaitu indra penglihatan, indra pendengar, indra peraba, indra pengecap dan indra pembau.
    Indra merupakan jendela bagi tubuh untuk mengenal dunia luar.Selain itu, dengan reseptor-reseptor yang ada pada masing-masing alat indra, manusia mampu mengadakan respons yang dapat dipergunakan sebagai upaya proteksi terhadap gangguan-gangguan dari luar tubuh.
1.      Indra pengihat ( mata)
2.      Indra pendengar ( telinga)
3.      Indra peraba ( kulit)
4.      Indra pembau ( hidung )
5.      Indra pengecap ( lidah)
c.  Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan : Saintifik
2.      Model         : Cooperative Learning , ceramah
3.      Metode      
a.       NHT (Number Head Together)
b.      Talking stick












G.    Langkah – langkah kegiatan

Langkah Kegiatan
Alokasi Waktu
Kegitan Awal




·      Guru memberikan salam dan berdo’a
·      Guru mengabsen siswa
·      Guru memberikan apresepsi yang berkaitan dengan alat indra pada manusia
·      Guru memberikan pertanyaan tentang pelajaran sebelumnya tentang sistem saraf
·      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan mempersiapkan peserta didik siap belajar
10 menit





Kegiatan Inti





·         Guru mempresentasikan informasi kepada paserta didik mengenai alat indra pada manusia
·      Guru menjelaskan mengenai5 alat indra pada manusia dan kelainan- kelainannya
·      Guru menjelaskan bagian- bagiandari organ manusia yang berkaitan dengan alat indra pada manusia




25 menit













·          Guru menayangkan berbagai fakta tentang organ yang berkaitan dengan alat indra pada manusia
·          Guru memberikan penjelasan kepada siswa tentang organ alat indra seperti mata, hidung, lidah, kulit dan telinga
·          Guru membagi siswa ke dalam 8 kelompok
·          Siswa secara kelompok menggambar organ mata dan lidah sertabagian-bagiannya .
·          Guru membantu kelompok pada saat siswa mengerjakan tugas.







·      Siswa mengidentifikasi bagian- bagian organ lidah dan mata sesuai bagiannya.
·      Guru menunjuk satu persatu kelompok, masing-masing anggota kelompok mempunyai satu nomor yang berbeda
·      Siswa yang mendapat salah satu nomor yang di katakana guru akan menjelaskan hasil kerjanya.
·      Guru menilai keterampilan siswa dalam mengungkap alat indra pada manusia.


·         Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan kepada siswa tentang alat indra pada manusia.
·         Guru meminta siswa untuk menyimpulkan hasil belajar yang sudah di ajarkan, bagi siswa yang berani menyimpulkan akan mendapat point dan hadiah


H.    Sumber belajar
·         Irianto dkk. 2009. Ilmu Pengetahuan AlamJilid 3untuk SMPdan MTs (BSE). Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
·         Internet.
·         Sumber belajar relevanlainnya.
I.       Penilaian
1.      Teknik penilaian : sikap dan test lisan
2.      Bentuk instrument : uji test lisan
3.      Contoh instrument :
a.       Apa saja alat indra pada manusia?
b.      Sebutkan macam-macam indra pada manusia
c.       Sebutkan kelainan-kelainan pada mata



                                                                               Cirebon, 06 September 2016

Guru Mata Pelajaran                                                                      Praktikan



SUWANDI , S.Pd                                                 AZKIA NUR HIDAYAH
NIP. 19710527 199702 1002                                            NIM.1413161002


Mengetahui
Kepala Sekolah SMP N 3 SUMBER




DADANG RAIMAN,S.Pd,MM
NIP.197411202100031006


No comments:

Post a Comment